Pages

Rabu, 24 Oktober 2012

Tanggung Jawab Sosial


Tanggung jawab Sosial Perusahaan adalah suatu konsep bahwa organisasi, perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Tanggung Jawab Sosial berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang. (wikipedia).
Secara umum lingkungan usaha atau lingkungan perusahaan didirikan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan barang atau jasa. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan program tanggung jawab sosial. Contohnya seperti mendirikan yayasan dan program-program untuk tanggung jawab sosial perusahaan itu sendiri. Untuk mencapaian tujuan perusahaan tersebut pastinya selalu ada interaksi antara perusahaan dengan lingkungan. Interaksi tersebut menuntut perusahaan untuk dapat beradapatasi dengan lingkungannya, terutama lingkungan ektsternal yang sukar dikuasai oleh perusahaan. Interaksi yang terjadi menciptakan adanya tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pihak-pihak yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Berdasarkan konsep Triple Bottom Line (John Elkington, 1997) atau tiga faktor utama operasi dalam kaitannya dengan lingkungan dan manusia (People, Profit, and Planet), program tanggung jawab sosial penting untuk diterapkan oleh perusahaan karena keuntungan perusahaan tergantung pada masyarakat dan lingkungan. Dengan demikian perusahaan harus memperhatikan dampak-dampak sosial ekonomi yang dapat dirasakan oleh pihak-pihak yang tekait dengan kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan perusahaan tersebut..
Selain membuat program untuk tanggung jawab sosial perusahaan , perusahaan juga harus memperhatikan hak-hak lingkungan disekitar, apakah kegiatan perusahaan tersebuat memberi dampak negatif atau positif pada lingkungan. Karena keadaan lingkungan mempunyai pengaruh yang sangat besar atas sukses atau tidaknya perusahaan tersebut didirikan. Oleh karena itu, Tanggung jawab sosial perusahaan sangat dibutuhkan , jika tidak ada tanggung jawab sosial perusahaan maka untuk mencapai kesuksesan perusahaan tersebut akan terhambat dengan tidak harmonisnya lingkungan dengan perusahaan, sehingga perusahaan tersebut akan gagal dalam menciptakan inovasi-inovasi baru karena tidak disukai bahkan malah merugikan lingkungan sekitar.

0 komentar:

Posting Komentar