Dalam
sebuah perusahaan promosi dan pemasaran tentunya sangat dibutuhkan, baik
perusahaan yang memproduksi barang maupun jasa. menurut kamus
bahasa Indonesia , promosi adalah
kegiatan menawarkan produk barang atau jasa kepada calon konsumen, dilakukan
langsung oleh pemilik barang atau jasa tersebut. Sedangkan pemasaran adalah
proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan dengan menyebarluaskan
ke tengah-tengah masyarakat.
Jika
sebuah perusahaan mengeluarkan suatu produk baru, maka pasti dibutuhkan promosi
dan pemasaran barang tersebut, agar masyarakat mengetahui bahwa perusaan
tersebut memiliki produk baru. Dengan promosi dan pemasaran dapat membuat suatu
produk perusahaan dapat bersaing dengan produk lainnya. Dalam hal ini etika
dalam promosi dan pemasaran haruslah di perhatikan oleh perusahaan yang memproduksi barang
ataupun jasa. Etika yang di maksud merupakan komunikasi yang dilakukan oleh
para marketer dengan berbagai strateginya dalam bentuk promotion mixnya dengan
tidak bertentangan dengan adat istiadat maupun moral serta regulasi yang dalam
masyarakat.
beberapa hal promosi dan pemasaran mendasar yang harus kita
perhatikan, diantaranya ;
-
Memberikan informasi yang sejujurnya. Tujuan berpromosi tidak
semata-mata membuat orang orang tertarik untuk melihat dan membeli produk kita,
namun lebih dari itu, promosi dimaksudkan agar konsumen menjadi pelanggan tetap
produk kita. Bisa saja dengan iklan yang menarik orang akan datang mencoba
membeli produk kita. Namun jika apa yang kita informasikan dalam promosi
tersebut tidak sesuai dengan kondisi produk yang kita jual, maka konsumen kita
akan kecewa. Dan orang yang kecewa tidak mungkin datang untuk kedua kalinya.
-
Dalam berpromosi kita harus menggunakan bahasa yang baik. Bahasa
yang digunakan dalam berpromosi haruslah baik dan tidak merusak pasar yang ada.
Menjelek-jelekkan produk lain jelas bukan sebuah tindakan yg baik.
-
Mempersiapkan diri dan usaha dengan baik. Siapkan segala hal yang
telah kita promosikan pada calon konsumen , agar konsumen tidak kecewa saat. Promosi
yang terlalu memberikan harapan besar kepada calon konsumen bisa menjadi
senjata makan tuan jika kita tidak mempersiapkan diri dan usaha dengan baik.
Jika dilihat dari sisi kepentingan
perusahaan tersebuat, pemikiran yang kreatif dalam promosi dan pemasaran
cenderung lebih besar agar produk yang dihasilkan dapat disukai konsumen.
Selain itu pendapatan keuntungan yang besar juga merupakan tujuan utama
perusahaan tersebut, karena setiap orang membangun sebuah perusahaan tentunya
untuk mendapatkan keuntungan. Dilihat dari sisi hak-hak konsumen, perusahaan
haruslah memberi informasi produk yang
diproduksi dengan detail dan ril ( tidak menambah-nambahkan). Konsumen juga berhak
menerima pelayanan yang baik dan ramah.
Jadi dapat disimpulkan bahwa produsen maupun
konsumen haruslah mempunyai etika. Karena baik produsen maupun konsumen saling
membutuhkan dan berketergantungan satu sama lain. Jika produsen maupun konsumen
mempunyai etika maka proses promosi dan pemasaran akan berjalan dengan lancer,
dan tujuan keduanya akan di dapat. Dengan cara seperti ini perusahhan telah
sukses dalam melakukan promosi dan pemasaran yang beretika serta produk yang
dihasilkannyapun akan mendapat respon positif dari konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar