Pages

Minggu, 21 Oktober 2012

Promosi dan Pemasaran yang Beretika

              Dalam sebuah perusahaan promosi dan pemasaran tentunya sangat dibutuhkan, baik perusahaan yang memproduksi barang maupun jasa. menurut kamus bahasa Indonesia ,  promosi adalah kegiatan menawarkan produk barang atau jasa kepada calon konsumen, dilakukan langsung oleh pemilik barang atau jasa tersebut. Sedangkan pemasaran adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan dengan menyebarluaskan ke tengah-tengah masyarakat.

                Jika sebuah perusahaan mengeluarkan suatu produk baru, maka pasti dibutuhkan promosi dan pemasaran barang tersebut, agar masyarakat mengetahui bahwa perusaan tersebut memiliki produk baru. Dengan promosi dan pemasaran dapat membuat suatu produk perusahaan dapat bersaing dengan produk lainnya. Dalam hal ini etika dalam promosi dan pemasaran haruslah di perhatikan oleh perusahaan yang memproduksi barang ataupun jasa. Etika yang di maksud merupakan komunikasi yang dilakukan oleh para marketer dengan berbagai strateginya dalam bentuk promotion mixnya dengan tidak bertentangan dengan adat istiadat maupun moral serta regulasi yang dalam masyarakat.

beberapa hal promosi dan pemasaran mendasar yang harus kita perhatikan, diantaranya ;
-    Memberikan informasi yang sejujurnya. Tujuan berpromosi tidak semata-mata membuat orang orang tertarik untuk melihat dan membeli produk kita, namun lebih dari itu, promosi dimaksudkan agar konsumen menjadi pelanggan tetap produk kita. Bisa saja dengan iklan yang menarik orang akan datang mencoba membeli produk kita. Namun jika apa yang kita informasikan dalam promosi tersebut tidak sesuai dengan kondisi produk yang kita jual, maka konsumen kita akan kecewa. Dan orang yang kecewa tidak mungkin datang untuk kedua kalinya.
-          Dalam berpromosi kita harus menggunakan bahasa yang baik. Bahasa yang digunakan dalam berpromosi haruslah baik dan tidak merusak pasar yang ada. Menjelek-jelekkan produk lain jelas bukan sebuah tindakan yg baik.
-          Mempersiapkan diri dan usaha dengan baik. Siapkan segala hal yang telah kita promosikan pada calon konsumen , agar konsumen tidak kecewa saat. Promosi yang terlalu memberikan harapan besar kepada calon konsumen bisa menjadi senjata makan tuan jika kita tidak mempersiapkan diri dan usaha dengan baik.

Jika dilihat dari sisi kepentingan perusahaan tersebuat, pemikiran yang kreatif dalam promosi dan pemasaran cenderung lebih besar agar produk yang dihasilkan dapat disukai konsumen. Selain itu pendapatan keuntungan yang besar juga merupakan tujuan utama perusahaan tersebut, karena setiap orang membangun sebuah perusahaan tentunya untuk mendapatkan keuntungan. Dilihat dari sisi hak-hak konsumen, perusahaan haruslah memberi informasi  produk yang diproduksi dengan detail dan ril ( tidak menambah-nambahkan). Konsumen juga berhak menerima pelayanan yang baik dan ramah. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa produsen maupun konsumen haruslah mempunyai etika. Karena baik produsen maupun konsumen saling membutuhkan dan berketergantungan satu sama lain. Jika produsen maupun konsumen mempunyai etika maka proses promosi dan pemasaran akan berjalan dengan lancer, dan tujuan keduanya akan di dapat. Dengan cara seperti ini perusahhan telah sukses dalam melakukan promosi dan pemasaran yang beretika serta produk yang dihasilkannyapun akan mendapat respon positif dari konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar