Pages

Rabu, 10 Oktober 2012

Peran Wiraswasta Kecil dalam Mendukung Perekonomian Saat Ini



Saat ini banyak sekali masalah yang harus ditangani pemerintah , mulai dari masalah kecil hingga masalh yang besar, salah satunya lapangan pekerjaan yang sangat minim.  Meningkatnya jumlah penduduk dan kurtangnya lapangan pekerjaan membuat masyarakat menengah kebawah mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan yang layak, oleh karena itu pengangguran semakin banyak dan angka kemiskinan pun semakin meningkat.  Tahun ke tahun lapangan pekerjaan khususnya indonesia semakin sulit, ditambah lagi pendidikan tidak menjamin mereka untuk mendapat pekerjaan yang layak, buktinya banyak para sarjana yg ilmunya tidak bisa diaplikasikan dalam dunia kerja.
Banyak orang yang bergantung pada perusahaan-perusahaan besar dalam bekerja, namun tidak sedikit pula orang-orang yang memilih bisnis kecil rumahan yang omsetnya bisa melebihi karyawan kantor , mereka di sebut wiraswasta kecil. Sebagian orang tertarik membuka usaha rumahan ini dengan alasan yang berbeda-beda, selain modalnya sedikit karena tidak harus membeli ruko dan omsetnya pun cukup besar jika seseorang itu bisa menjalankannya dengan baik.
Wiraswasta kecil seperti ini tentunya sangat membantu dalam perekonomian saat ini, dengan adanya wiraswasta kecil dapat mengurangi semakin banyaknya pengangguran dan juga dapat mengurangi angka kemiskinan, karena mereka bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dengan meningkatnya dan berkembangnya wiraswasta atau usaha kecil rumahan ini, tentu meningkatkan penghasilan yang diperoleh oleh wiraswasta kecil tersebut apalagi wiraswasta kecil tersebut berkembang dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Hal tersebut tentunya dapat membantu kesejahteraan masyarakat Indonesia yang sekarang ini semakin jauh dari kata “hidup sejahtera”.
Dengan demikian , wiraswasta kecil ini sangat berpengaruh  dalam meningkatkan   perekonomian saat ini dan juga mengurangi beban pemerintah dalam menangani masalah minimnya lapangan pekerjaan serta mengurangi angka kemiskinan di Indonesia, karena walaupun disebut wiraswasta kecil namun mereka memiliki peran yang sangat besar.

0 komentar:

Posting Komentar