Pasar
Pasar adalah salah satu dari berbagai
sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha
menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.
Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang
fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.
Pemasaran
Pemasaran adalah Kegiatan pemasar
untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhikebutuhan pasar
dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai
tujuan perusahaan
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran
diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing)
pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan
Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang
membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang
lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem
total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga,
promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan
mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran
adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Jenis-Jenis
Pasar
1. Berdasarkan Wujudnya
a. Pasar Konkret (pasar nyata)
b. Pasar Abstrak (tidak nyata)
1. Berdasarkan Wujudnya
a. Pasar Konkret (pasar nyata)
b. Pasar Abstrak (tidak nyata)
2. Berdasarkan Waktu Terjadinya
a. Pasar Harian
b. Pasar mingguan
c. Pasar bulanan
d. Pasar tahunan
e. Pasar temporer
3. Berdasarkan Luas Jangkauannya
a. Pasar lokal
b. Pasar nasional
c. Pasar internasional penjual dan pembeli dari berbagai negara.
4. Berdasarkan Hubungannya Dengan Proses Produksi
a. Pasar output (pasar produk)
b. Pasar input (pasar faktor produksi)
b. Pasar input (pasar faktor produksi)
5. Berdasarkan Strukturnya (Jumlah Penjual Dan Pembeli)
a. Pasar persaingan sempurna
b. Pasar persaingan tidak sempurna, yang terdiri atas
1) Pasar monopoli
2) Pasar oligopoli.
3) Pasar persaingan monopolistik
4) Pasar monopsoni
5) Pasar ologopsoni
Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran
meluputi:
1. kebutuhan,
2. keinginan,
3. permintaan,
4. produksi,
5. utilitas,
6. nilai dan
7. kepuasan
Keadaan Permintaan
Pasar
1.
permintaan negative
2.
tak ada permintaan
3.
permintaan laten
4.
permintaan menurun
5.
permintaan tak teratur
6.
permintaan penuh
7.
permintaan berlimpah
8.
permintaan tak sehat
Falsafah
manajemen pemasaran
1.
Konsep
Produksi
Falsafah bahwa
konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau serta
memanajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi fan efisiensi
produksi.
2.
Konsep
Produk
Falsafah bahwa
konsumen akan menyukai produk bermutu terbaik dan sifat saling inovatifvdan
bahwa organisasi harus mencurahkan energi untuk terus menerus melakukan
perbaikan produk.
3.
Konsep
Penjualan
Falsafah bahwa
konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang cukup kecuali
organisasi mengadakan usaha penjualan dan promosi berskala besar.
4.
Konsep
Pemasaran
Falsafah
manajemen pemasaran ini berkeyakinan bahwa pencapaian sasaran organisasi
tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian
kepuasan didambakan itu lebih efektif dan efisien dari pada pesaing.
5.
Konsep
Pemasaran Berwawasan Sosial
Falsafah bahwa
organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan dan minat pasar serta
menyerahkan kepuasan yang didambakan itu secara lebih efektif dan efisien
daripada pesaing dengan cara yang bersifat memelihara atau memperbaiki
kesejahteraan konsumen dan mesyarakat.
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam
pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
- Product (produk)
- Price (harga)
- Place (tempat, termasuk juga distribusi)
- Promotion (promosi)
Tujuan Sistem Pemasaran
1.
Memperkenalkan Produk kepada Umum
2.
Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun
maya
3.
Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
4.
Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share,
dsb)
5.
Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
6.
Membuat Feed back bagi produksi (tentang
kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
7.
sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan
produksi pada periode selanjutnya
Pendekatan dalam
mempelajari pemasaran
1.
Pendekatan Serba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian,
pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko,
standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.
2.
Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran,
misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb.
3.
Pendekatan Serba barang (Pendekatan
Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke
konsumen akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat
manajer serta keputusan yang diambil.
4.
Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran
termasuk pendekatan
serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Referensi
: http://id.wikipedia.org
0 komentar:
Posting Komentar