Pages

Selasa, 30 Oktober 2012

Pemasaran


Pasar
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.
Pemasaran
Pemasaran adalah Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhikebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Jenis-Jenis Pasar


1. Berdasarkan Wujudnya
   a. Pasar Konkret (pasar nyata)
   b. Pasar Abstrak (tidak nyata)

2. Berdasarkan Waktu Terjadinya
   a. Pasar Harian
   b. Pasar mingguan
   c. Pasar bulanan
   d. Pasar tahunan
   e. Pasar temporer
 
3. Berdasarkan Luas Jangkauannya
   a. Pasar lokal
   b. Pasar nasional
   c. Pasar internasional penjual dan pembeli dari berbagai negara.

4. Berdasarkan Hubungannya Dengan Proses Produksi
   a. Pasar output (pasar produk)
   b. Pasar input (pasar faktor produksi)

5. Berdasarkan Strukturnya (Jumlah Penjual Dan Pembeli)
   a. Pasar persaingan sempurna
   b. Pasar persaingan tidak sempurna, yang terdiri atas
      1) Pasar monopoli
      2) Pasar oligopoli.
      3) Pasar persaingan monopolistik
      4) Pasar monopsoni
      5) Pasar ologopsoni
Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi:
1.      kebutuhan,
2.      keinginan,
3.      permintaan,
4.      produksi,
5.      utilitas,
6.      nilai dan
7.      kepuasan
Keadaan Permintaan Pasar
1.      permintaan negative
2.      tak ada permintaan
3.      permintaan laten
4.      permintaan menurun
5.      permintaan tak teratur
6.      permintaan penuh
7.      permintaan berlimpah
8.      permintaan tak sehat

Falsafah manajemen pemasaran
1.      Konsep Produksi
Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau serta memanajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi fan efisiensi produksi.
2.      Konsep Produk
Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk bermutu terbaik dan sifat saling inovatifvdan bahwa organisasi harus mencurahkan energi untuk terus menerus melakukan perbaikan produk.
3.      Konsep Penjualan
Falsafah bahwa konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang cukup kecuali organisasi mengadakan usaha penjualan dan promosi berskala besar.
4.      Konsep Pemasaran
Falsafah manajemen pemasaran ini berkeyakinan bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan didambakan itu lebih efektif dan efisien dari pada pesaing.
5.      Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial
Falsafah bahwa organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan dan minat pasar serta menyerahkan kepuasan yang didambakan itu secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing dengan cara yang bersifat memelihara atau memperbaiki kesejahteraan konsumen dan mesyarakat.

Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (tempat, termasuk juga distribusi)
  • Promotion (promosi)
Tujuan Sistem Pemasaran
1.       Memperkenalkan Produk kepada Umum
2.       Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya
3.       Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
4.       Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb)
5.       Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
6.       Membuat Feed back bagi produksi (tentang kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
7.       sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan produksi pada periode selanjutnya
Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
1.       Pendekatan Serba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.

2.       Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb.

3.       Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
4.       Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan
serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.

                   http://majidbsz.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar